Ng Man-Tat: Artis Film Jaman Dulu yang Tak Terlupakan


Ng Man-Tat adalah salah satu artis film jaman dulu yang paling terkenal dan dicintai oleh banyak orang. Ia dikenal sebagai pemeran “Paman Boboho” yang sering bermain bersama Stephen Chow dalam film-film komedi Hong Kong. Namun, Ng Man-Tat tidak hanya seorang aktor komedi, ia juga seorang aktor yang serba bisa yang mampu memerankan berbagai peran dengan mengesankan. Berikut adalah biografi dan perjalanan karir dari sosok Ng Man-Tat.


Biografi Ng Man-Tat

Ng Man-Tat lahir pada 2 Januari 1951 di Xiamen, Provinsi Fujian, China. Ia kemudian berimigrasi ke Hong Kong bersama orang tuanya pada usia tujuh tahun. Ng Man-Tat memulai karier di industri penyiaran di usia muda. Ia sempat mendaftar di kelas pelatihan artis TVB, sebuah perusahaan penyiaran Hong Kong. Di kelas itu, ia seangkatan dengan aktor laga Chow Yun-fat dan sutradara terkenal Lin Lingdong.


Ng Man-Tat mengalami masa sulit pada awal karirnya. Ia terjerumus dalam perjudian hingga berutang 300.000 dollar Hong Kong pada tahun 1980. Ia bahkan sempat berpikir untuk bunuh diri karena tidak bisa melunasi utangnya. Namun, ia kemudian berusaha bangkit dan mempelajari kembali keterampilan aktingnya. Ia berhasil kembali ke jalur yang benar dan melunasi utangnya.


Perjalanan Karir Ng Man-Tat

Ng Man-Tat mulai mendapatkan perhatian dari penonton televisi lokal saat ia berakting di serial televisi Police Cadet '84 yang diterima dengan baik pada tahun 1985. Serial ini juga membuat rekan-rekannya di industri mengevaluasi kembali kemampuan aktingnya dengan cara yang positif.


Pada tahun 1988, Ng Man-Tat mulai menjadi lawan main Stephen Chow dengan serial televisi TVB pertama mereka bersama, The Final Combat. Sejak saat itu, keduanya berkolaborasi dalam banyak film komedi dengan gaya “mo lei tau” (tidak masuk akal) yang menjadi ciri khas mereka. Film pertama mereka adalah All for the Winner pada tahun 1990, di mana Ng Man-Tat berperan sebagai paman Chow yang memiliki kekuatan supranatural.


Ng Man-Tat dan Stephen Chow terus bermain bersama dalam film-film komedi yang memecahkan rekor box office Hong Kong pada tahun 1990-an, seperti God of Gamblers II, Fight Back to School, King of Beggars, The God of Cookery, dan Shaolin Soccer. Keduanya memiliki chemistry yang kuat dan mampu membuat penonton tertawa terbahak-bahak.


Meskipun Ng Man-Tat terkenal karena peran komedinya, ia juga menunjukkan dirinya sebagai aktor yang serba bisa untuk berhasil memerankan berbagai peran. Contohnya adalah dalam perannya sebagai ayah Sister 13 di Portland Street Blues, di mana ia berperan sebagai seorang pria yang tidak bisa merasakan apa pun kecuali pelecehan dan penolakan. Peran ini sangat bertolak belakang dengan peran komedinya yang biasanya.


Ng Man-Tat juga bermain bersama Andy Lau dalam seri Lee Rock sebagai sahabat karibnya yang menjadi polisi korup. Peran ini membuatnya memenangkan penghargaan Aktor Pendukung Terbaik di Penghargaan Film Hong Kong ke-10 pada tahun 1991 untuk film A Moment of Romance.


Ng Man-Tat juga pernah membintangi beberapa film Taiwan, seperti Kung Fu Dunk dan The Treasure Hunter. Ia juga pernah bermain dalam film Indonesia berjudul Si Jago Merah 2: Berandal-berandal Ciliwung pada tahun 2016.


Kematian Ng Man-Tat

Ng Man-Tat meninggal dunia pada 27 Februari 2021 di usia 70 tahun akibat kanker hati. Ia sempat dirawat di rumah sakit sejak Januari 2021 setelah didiagnosis menderita kanker hati stadium empat. Ia meninggalkan seorang istri dan empat anak.


Kabar kematian Ng Man-Tat mengejutkan banyak orang, terutama para penggemarnya yang mengenang film-film jaman dulu yang dibintanginya. Banyak artis dan tokoh publik yang menyampaikan belasungkawa dan penghargaan atas kontribusi Ng Man-Tat dalam dunia perfilman Hong Kong. Ia dianggap sebagai salah satu aktor legendaris yang tak terlupakan.

0 Comments