Mengapa Saya Menyukai The Gazette, Band Visual Kei Legendaris dari Jepang

The Gazette adalah salah satu band visual kei paling terkenal dan berpengaruh di Jepang. Band ini tidak hanya memiliki kualitas musik yang tinggi, tetapi juga memiliki pesan dan nilai-nilai yang positif bagi pendengar mereka. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dekat The Gazette, band visual kei legendaris dari Jepang.


Sejarah dan Profil The Gazette

The Gazette dibentuk pada tahun 2002 dan terdiri dari lima anggota: Ruki (vokalis), Aoi (gitaris ritme), Uruha (gitaris utama), Reita (bassis), dan Kai (drummer). Mereka telah merilis lebih dari 10 album studio, 6 album live, dan puluhan single. Mereka juga telah menggelar konser di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Nama The Gazette sendiri berasal dari kata "gazette", yang berarti surat kabar atau majalah. Hal ini menunjukkan bahwa band ini ingin menyampaikan informasi dan berita melalui musik mereka. Mereka juga memiliki slogan "Music for All, All for One", yang berarti bahwa mereka membuat musik untuk semua orang dan semua orang untuk musik.


Lagu-Lagu Terkenal The Gazette

The Gazette memiliki banyak lagu-lagu keren yang mencerminkan gaya musik mereka yang bervariasi. Beberapa lagu terkenal mereka adalah:

"Filth in the Beauty": Lagu ini adalah salah satu lagu pertama yang membuat saya jatuh cinta dengan The Gazette. Lagu ini memiliki gaya nada yang mendalam seperti lagu rock mellow namun memiliki kekuatan di dalamnya. Lagu ini juga memiliki lirik yang kritis terhadap masyarakat yang hanya menilai orang dari penampilan luarnya saja.

"Cassis": Lagu ini adalah salah satu lagu ballad terbaik dari The Gazette. Lagu ini memiliki melodi yang indah dan menyentuh, serta lirik yang romantis dan menyayat hati. Lagu ini bercerita tentang perpisahan antara dua orang yang saling mencintai.

"Shiver": Lagu ini adalah salah satu lagu yang paling populer dari The Gazette. Lagu ini menjadi lagu pembuka dari anime Kuroshitsuji II atau Black Butler II. Lagu ini memiliki tempo yang cepat dan energik, serta lirik yang menggambarkan perasaan seseorang yang terjebak dalam kegelapan.

 

Konsep Visual Kei The Gazette

The Gazette adalah band visual kei, yaitu genre musik rock Jepang yang mengutamakan penampilan visual yang unik dan mencolok. Band visual kei sering mengenakan kostum dan riasan yang berbeda-beda sesuai dengan tema dan mood lagu mereka.

The Gazette sering mengubah gaya penampilan mereka dari waktu ke waktu, tetapi tetap mempertahankan identitas mereka sebagai band visual kei. Beberapa konsep visual kei yang pernah mereka gunakan adalah:

- Disorder: Konsep ini adalah konsep pertama yang digunakan oleh The Gazette saat mereka debut. Konsep ini menampilkan gaya penampilan yang gelap, kasar, dan penuh dengan aksesori seperti rantai, tindikan, dan luka palsu. Konsep ini sesuai dengan genre musik mereka yang cenderung heavy metal pada saat itu.

- Stacked Rubbish: Konsep ini adalah konsep ketiga yang digunakan oleh The Gazette pada tahun 2007. Konsep ini menampilkan gaya penampilan yang lebih berwarna, glamor, dan feminin. Konsep ini sesuai dengan genre musik mereka yang mulai beralih ke rock alternatif pada saat itu.

- Division: Konsep ini adalah konsep kelima yang digunakan oleh The Gazette pada tahun 2012. Konsep ini menampilkan gaya penampilan yang lebih futuristik, minimalis, dan elegan. Konsep ini sesuai dengan genre musik mereka yang mulai bereksperimen dengan elektronik pada saat itu.


Eksperimen Genre Musik The Gazette

Salah satu hal yang membuat The Gazette kagum adalah kemampuan mereka untuk bereksperimen dengan berbagai genre musik, mulai dari rock, metal, pop, elektronik, hingga jazz. Mereka tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan mengekspresikan diri mereka melalui musik mereka.

Beberapa contoh eksperimen genre musik yang pernah mereka lakukan adalah:

"Inside Beast": Lagu ini adalah salah satu lagu dari album Beautiful Deformity yang dirilis pada tahun 2013. Lagu ini memiliki genre musik yang disebut digital rock, yaitu perpaduan antara rock dan elektronik. Lagu ini memiliki suara gitar yang distorsi, drum yang sintetis, dan vokal yang diproses dengan efek.

"Ugly": Lagu ini adalah salah satu lagu dari album Dogma yang dirilis pada tahun 2015. Lagu ini memiliki genre musik yang disebut nu metal, yaitu perpaduan antara metal dan rap. Lagu ini memiliki suara gitar yang berat, bass yang menggelegar, dan vokal yang berganti-ganti antara bernyanyi dan berbicara.

"The Mortal": Lagu ini adalah salah satu lagu dari album Ninth yang dirilis pada tahun 2018. Lagu ini memiliki genre musik yang disebut jazz rock, yaitu perpaduan antara jazz dan rock. Lagu ini memiliki suara gitar yang melodi, saxophone yang harmonis, dan vokal yang merdu.

 

Lirik-Lirik Bermakna The Gazette

The Gazette juga memiliki lirik-lirik yang dalam dan bermakna, yang sering membahas tentang isu-isu sosial, emosional, atau personal. Mereka tidak hanya membuat lagu untuk menghibur, tetapi juga untuk menyampaikan pesan dan nilai-nilai kepada pendengar mereka.

Beberapa contoh lirik-lirik bermakna dari The Gazette adalah:

"Filth in the Beauty": "Kau hanya melihat keindahan semu / Kau tak peduli dengan isi hatiku / Kau hanya menghakimi dari penampilanku / Kau tak tahu siapa diriku sebenarnya" (You only see the false beauty / You don't care about my heart / You only judge me from my appearance / You don't know who I really am)

"Pledge": "Aku berjanji padamu / Aku akan selalu ada di sisimu / Aku akan selalu mencintaimu / Aku akan selalu melindungimu" (I pledge to you / I will always be by your side / I will always love you / I will always protect you)

"Dogma": "Ini adalah dunia yang penuh dengan kebohongan / Ini adalah dunia yang penuh dengan kekerasan / Ini adalah dunia yang penuh dengan keserakahan / Ini adalah dunia yang harus kita ubah" (This is a world full of lies / This is a world full of violence / This is a world full of greed / This is a world that we have to change)

 

Komunitas Penggemar The Gazette

The Gazette telah membangun komunitas penggemar yang loyal dan solid, yang disebut Sixth Gun. Nama ini berasal dari anggapan bahwa penggemar adalah anggota keenam dari band ini. Penggemar The Gazette saling mendukung dan menghormati satu sama lain, serta menghargai karya-karya band ini.

The Gazette juga sering berinteraksi dengan penggemar mereka melalui media sosial, konser, fan meeting, atau merchandise. Mereka selalu berterima kasih kepada penggemar mereka atas dukungan dan cinta mereka. Mereka juga selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi penggemar mereka.

0 Comments