Handphone Jadul yang Masih Menarik untuk Dikenang: Nokia 6630

Sumber Media : Gsmarena.com


Handphone jadul atau handphone lama mungkin sudah tidak relevan lagi di era digital ini. Namun, ada beberapa handphone jadul yang masih memiliki nilai sejarah dan nostalgia tersendiri, salah satunya adalah Nokia 6630. Handphone ini merupakan salah satu handphone symbian pertama yang diluncurkan oleh Nokia pada tahun 2004. Handphone ini memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni untuk saat itu, seperti kamera 1,3 MP, memori internal 10 MB, slot kartu memori RS-MMC, dan konektivitas Bluetooth, inframerah, dan USB. Handphone ini juga mendukung jaringan 3G, yang merupakan salah satu keunggulan utama dari handphone ini.


Kelebihan Handphone Symbian Nokia 6630


Handphone symbian Nokia 6630 memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya masih layak digunakan hingga saat ini, antara lain:


Desain yang kokoh dan ergonomis. Handphone ini memiliki body yang terbuat dari plastik berkualitas yang tahan banting dan goresan. Bentuknya juga pas di genggaman tangan dan tidak terlalu besar maupun kecil. Tombol-tombolnya juga mudah ditekan dan responsif.


Sistem operasi yang stabil dan fleksibel. Handphone ini menggunakan sistem operasi Symbian OS v8.0a, Series 60 UI 2nd Edition Feature Pack 2, yang merupakan salah satu sistem operasi paling populer dan banyak digunakan pada masanya. Sistem operasi ini menawarkan berbagai fitur dan aplikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, seperti browser web, email, pemutar musik, pemutar video, kalkulator, kalender, catatan, alarm, dan lain-lain. Sistem operasi ini juga mendukung instalasi aplikasi pihak ketiga yang dapat ditemukan di berbagai situs web.


Kamera yang cukup bagus. Handphone ini memiliki kamera belakang beresolusi 1,3 MP yang dapat mengambil foto dengan kualitas yang cukup baik untuk ukuran handphone jadul. Kamera ini juga dapat merekam video dengan resolusi maksimal 176 x 144 piksel dan frame rate 15 fps. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur zoom digital 6x, lampu kilat LED, dan mode malam.


Memori yang cukup besar. Handphone ini memiliki memori internal sebesar 10 MB yang dapat digunakan untuk menyimpan data dan aplikasi. Selain itu, handphone ini juga memiliki slot kartu memori RS-MMC yang dapat menampung kartu memori hingga kapasitas 512 MB. Dengan demikian, pengguna dapat menyimpan banyak file musik, foto, video, atau dokumen di handphone ini.


Kekurangan Handphone Symbian Nokia 6630


Meskipun memiliki banyak kelebihan, handphone symbian Nokia 6630 juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, antara lain:


Baterai yang cepat habis. Handphone ini menggunakan baterai Li-Ion berkapasitas 900 mAh yang dapat bertahan hingga 4 jam waktu bicara atau 11 hari waktu siaga. Namun, baterai ini cenderung cepat habis jika handphone digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan daya tinggi, seperti browsing internet, memutar musik atau video, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Oleh karena itu, pengguna perlu membawa charger atau baterai cadangan jika ingin menggunakan handphone ini dalam waktu lama.


Layar yang kurang tajam. Handphone ini memiliki layar TFT berukuran 2,1 inci dengan resolusi 176 x 208 piksel dan kedalaman warna 65 ribu warna. Layar ini mungkin sudah cukup baik untuk menampilkan teks dan gambar pada masanya, namun jika dibandingkan dengan layar handphone modern yang memiliki resolusi dan warna lebih tinggi, layar ini terlihat kurang tajam dan jernih. Selain itu, layar ini juga tidak mendukung sentuhan, sehingga pengguna harus menggunakan tombol navigasi untuk mengoperasikan handphone ini.


Konektivitas yang terbatas. Handphone ini memiliki konektivitas Bluetooth, inframerah, dan USB yang dapat digunakan untuk mentransfer data atau menghubungkan handphone dengan perangkat lain. Namun, handphone ini tidak memiliki fitur Wi-Fi, GPS, atau NFC yang sudah umum ditemukan di handphone modern. Selain itu, handphone ini juga hanya mendukung jaringan 3G yang memiliki kecepatan internet yang terbatas, sehingga pengguna tidak dapat menikmati streaming video atau game online dengan lancar.


Pengalaman Saya Menggunakan Handphone Symbian Nokia 6630


Saya pernah menggunakan handphone symbian Nokia 6630 pada tahun 2013 dan saya sangat menyukai handphone ini. Handphone ini adalah handphone yang kuat dan nyaman digunakan, body yang kokoh dan tebal memberi kepercayaan diri yang tinggi menggunakan hp ini disegala medan dan situasi, serta sistem symbian yang smooth dan canggih membuat saya nyaman menggunakannya. Saya sering menggunakan handphone ini untuk berbagai keperluan, seperti mengirim dan menerima SMS, menelepon, browsing internet, mendengarkan musik, menonton video, bermain game, mengambil foto, dan lain-lain. Saya juga sering menginstal aplikasi pihak ketiga yang menambah fungsi dan fitur dari handphone ini, seperti WhatsApp, Facebook, Opera Mini, UC Browser, X-plore, SmartMovie, CorePlayer, UltraMP3, N-Gage, dan lain-lain. Saya sangat puas dengan kinerja dan kemampuan dari handphone ini.


Handphone symbian Nokia 6630 adalah salah satu handphone jadul yang masih menarik untuk dikenang hingga saat ini. Handphone ini memiliki banyak kelebihan yang membuatnya unik dan berkesan, namun juga memiliki beberapa kekurangan yang membuatnya tidak cocok untuk digunakan di zaman sekarang. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menggunakan handphone jadul yang berkualitas, Anda dapat mencoba menggunakan handphone symbian Nokia 6630 sebagai koleksi atau kenangan.

0 Comments